Instalasi CMS3.0 Aplikasi Monitoring CCTV Pada Laptop Dan PC

Tidak selamanya monitor TV atau monitor LCD dan sejenisnya diwajibkan tersedia dalam installasi rangkaian CCTV. Ada kalanya permintaan atau ketersedian Laptop maupun PC (Personal Computer) menjadi alternatif atau opsi tambahan dalam monitoring perangkat DVR atau rangkaian CCTV. Hal yang perlu dilakukan dalam situasi ini adalah aplikasi atau software Camera Management System 3.0 (CMS3.0) sebagai alat bantu untuk memantau CCTV baik dari Laptop maupun PC, lalu bagaimana Cara Instalasi CMS3.0 Aplikasi Monitoring CCTV Pada Laptop Dan PC tersebut. Berikut langkah-langkahnya.

Download Aplikasi Camera Management System 3.0 (CMS3.0) versi terbaru.

– Mister Andre –

Instal Camera Management System 3.0 (CMS3.0) CCTV

Setelah selesai mengunduh Aplikasi CMS3 versi terbaru, klik dua kali untuk memulai intalasi aplikasi
Pilih Next untuk melanjutkan instalasi
Pilih Next
Pilih Next
Tunggu proses instalasi CMS3 sampai selesai
Klik Finish untuk menyelesaikan intalasi dan anda akan mendapatkan aplikasi CMS3 pada bagian Desktop

Camera Management System 3.0 (CMS3.0) Aplikasi Monitoring Perangkat DVR dan CCTV

Ketika pertama kali menjalankan aplikasi CMS3.0, anda akan menemukan username “admin” dengan password bawaan “123456”. Pada tahap ini anda bisa merubah dan menentukan sendiri password yang akan anda gunakan untuk membuka aplikasi CMS3.0 dengan cara memasukan password paru pada kolom “Password”, atau biarkan saja mengikuti password bawaan.

Menu “Monitor” CMS3.0, untuk memonitoring DVR dan CCTV yang terhubung dengan CMS sampai dengan 64 tampilan sekaligus (lebih dari 1 DVR)
Menu “Playback” CMS3.0, untuk memutar kembali hasil rekaman sampai 9 monitor
Menu “UserManage” CMS3.0, untuk membuat – mengubah dan menghapus user yang terdaftar diaplikasi CMS3
Menu “DeviceManage” CMS3.0, untuk menambahkan – mengubah dan menghapus perangkat DVR yang terhubung dengan CMS3.0
Menu “Businnes” CMS3.0, untuk pengaturan lanjutan DVR diaplikasi CMS3
Menu”SystemManage” CMS3.0, untuk pengaturan lanjutan aplikasi CMS3

Sekian informasi dari Mister Andre tentang Cara Instalasi CMS3.0 Aplikasi Monitoring CCTV Pada Laptop Dan PC, jika ada petanyaan silahkan tinggalkan pesan atau hubungi melalui menu Kontak disitus ini.

0 thoughts on “Instalasi CMS3.0 Aplikasi Monitoring CCTV Pada Laptop Dan PC

  • Saya sudah instal baik dari cd maupun yg dari download.tetap tampilan hasil cctv tidak keluar .apa yg harus dilakukan lagi

    • Baik pak, silahkan upgrade aplikasi CMS yang anda gunakan ke versi yang terbaru (silahkan download pada link artikel).
      Jika boleh tau, untuk penggunaan live view aplikasi CMS3 apakah dilokasi yang sama atau berjauhan (beda lokasi).

  • sudah upgrade tapi tetap tidak tampil cctv nya.. diketerangan terbaca device login eror… pada kalau pake avseye versi android bisa tebuka cctvnya… itu gimana ya

    • Jika boleh tau, instalasi CMS3 pada PC atau Laptop?
      Untuk PC sebaiknya menggunakan penambahan perangkat DVR berdasarkan local IP saja (satu lokasi). Jika menggunakan laptop, saran saya penambahan perangkat berdasarkan ID Cloud seperti pada aplikasi AVSEYE (sebab berpindah-pindah).

        • Perbedaan antara CMS3.0 dengan AVSEYE terletak pada perangkat yang digunakan. CMS3.0 digunakan untuk perangakat PC atau Laptop, sedangakan AVSEYE digunakan untuk perangkat SmartPhone seperti Android dan iPhone.

    • Jika boleh tau, instalasi CMS3 pada PC atau Laptop pak Riko?
      Untuk penggunaan dalam satu jaringan (berdasarkan local IP) umumnya lebih mudah karena tidak memerlukan internet di kedua perangkat. Tapi jika menggunakan internet umumnya kendala adanya diinternet. Pemutaran hasil rekaman (playback) juga berdasarkan waktu/tanggal yang disimpan oleh perangkat DVR. Jika tidak menggunakan DVR atau terdapat gangguan pada perangakat Hard Disk Drive (HDD), itu juga menjadi salah satu penyebab kenapa apliaski CMS3.0 tidak memmutar hasil rekaman dengan baik.

  • semua sudah dijalankan sesuai arahan, video tidak muncul…
    koneksi dari dvr ke laptop saya pakai hdmi, gmna biar ketemu devicenya pak?

    • Halo bapak Wono, untuk HDMI pada DVR dan Laptop sama-sama bersifat output (mengirim gambar) yang umumnya akan di terima oleh perangkat seperti TV atau Proyektor. Jadi device DVR tidak akan pernah tampil atau ditemukan oleh perangkat Laptop. Untuk menemukan device DVR dari ke laptop diperlukan topologi jaringan menggunakan kabel LAN/UTP dari DVR ke Router lalu ke Laptop. Atau dari DVR langsung ke Laptop dengan pengaturan IP maunual di kedua perangkat (DVR dan Laptop).

  • Pak mau tanya, bagaimana step by step menghubungkan dvr hikvision ke laptop( dalam rumah) tanpa menggunakan internet?

  • punya saya sudah diinstal cms3 dan janlan, tapi terkadang ga mau jalan lagi dan sering tanda silang di ipnya ..minta solusinya

    • Tanda silang pada aplikasi CMS3.0 menandakan putusnya atau melemahnya koneksi baik dari DVR maupun perangkat PC/Laptop. Untuk lokasi yang berbeda, silahkan perhatikan internet untuk disisi perangkat DVR dan PC/Laptop anda. Yang perlu diperhatikan disisi DVR adalah nilai “Upload” internet, dengan ketentuan minimal 1Mbps untuk 1 perangkat DVR. Sedangkan disisi perangkat PC/Laptop adalah nilai “Download”.
      Catatan tambahan : Jumlah user yang mengunakan internet juga akan mempengaruhi nilai Download serta Upload dikedua belah pihak.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>