42 thoughts on “Instalasi CMS3.0 Aplikasi Monitoring CCTV Pada Laptop Dan PC”

  1. Saya sudah instal baik dari cd maupun yg dari download.tetap tampilan hasil cctv tidak keluar .apa yg harus dilakukan lagi

    1. Baik pak, silahkan upgrade aplikasi CMS yang anda gunakan ke versi yang terbaru (silahkan download pada link artikel).
      Jika boleh tau, untuk penggunaan live view aplikasi CMS3 apakah dilokasi yang sama atau berjauhan (beda lokasi).

  2. sudah upgrade tapi tetap tidak tampil cctv nya.. diketerangan terbaca device login eror… pada kalau pake avseye versi android bisa tebuka cctvnya… itu gimana ya

    1. Jika boleh tau, instalasi CMS3 pada PC atau Laptop?
      Untuk PC sebaiknya menggunakan penambahan perangkat DVR berdasarkan local IP saja (satu lokasi). Jika menggunakan laptop, saran saya penambahan perangkat berdasarkan ID Cloud seperti pada aplikasi AVSEYE (sebab berpindah-pindah).

        1. Perbedaan antara CMS3.0 dengan AVSEYE terletak pada perangkat yang digunakan. CMS3.0 digunakan untuk perangakat PC atau Laptop, sedangakan AVSEYE digunakan untuk perangkat SmartPhone seperti Android dan iPhone.

    1. Jika boleh tau, instalasi CMS3 pada PC atau Laptop pak Riko?
      Untuk penggunaan dalam satu jaringan (berdasarkan local IP) umumnya lebih mudah karena tidak memerlukan internet di kedua perangkat. Tapi jika menggunakan internet umumnya kendala adanya diinternet. Pemutaran hasil rekaman (playback) juga berdasarkan waktu/tanggal yang disimpan oleh perangkat DVR. Jika tidak menggunakan DVR atau terdapat gangguan pada perangakat Hard Disk Drive (HDD), itu juga menjadi salah satu penyebab kenapa apliaski CMS3.0 tidak memmutar hasil rekaman dengan baik.

  3. semua sudah dijalankan sesuai arahan, video tidak muncul…
    koneksi dari dvr ke laptop saya pakai hdmi, gmna biar ketemu devicenya pak?

    1. Halo bapak Wono, untuk HDMI pada DVR dan Laptop sama-sama bersifat output (mengirim gambar) yang umumnya akan di terima oleh perangkat seperti TV atau Proyektor. Jadi device DVR tidak akan pernah tampil atau ditemukan oleh perangkat Laptop. Untuk menemukan device DVR dari ke laptop diperlukan topologi jaringan menggunakan kabel LAN/UTP dari DVR ke Router lalu ke Laptop. Atau dari DVR langsung ke Laptop dengan pengaturan IP maunual di kedua perangkat (DVR dan Laptop).

      1. Saya mau tanya, kalo mau simpan video dari DVR ke laptop itu gimana caranya ya tanpa aplikasi? Saya sudah sambung HDMI dari dvr ke laptop tp gak muncul apa-apa. Terimakasih

        1. Halo bapak/ibu Ningsih. HDMI pada Laptop dan DVR sama mengeluarkan gambar (OUT), jadi tidak akan salah terbung karena tidak ada yang menerima (IN). Cara paling benar ialah menggunakan kabel LAN atau jaringan Wifi dan menggunakan aplikasi yang direkomendasikan oleh perangkat DVR. Namun jika hanya sebatas menyimpan video suatu kejadian, HDMI pada DVR di hubungkan ke monitor/TV (bukan ke laptop) dan gunakan flashdisk untuk mengekstrak/export atau mencadangkan/backup dari menu yang tampil pada layar monitor/TV (pilih menu backup atau export).
          Semoga dapat membantu, terima kasih.

  4. Pak mau tanya, bagaimana step by step menghubungkan dvr hikvision ke laptop( dalam rumah) tanpa menggunakan internet?

  5. punya saya sudah diinstal cms3 dan janlan, tapi terkadang ga mau jalan lagi dan sering tanda silang di ipnya ..minta solusinya

    1. Tanda silang pada aplikasi CMS3.0 menandakan putusnya atau melemahnya koneksi baik dari DVR maupun perangkat PC/Laptop. Untuk lokasi yang berbeda, silahkan perhatikan internet untuk disisi perangkat DVR dan PC/Laptop anda. Yang perlu diperhatikan disisi DVR adalah nilai “Upload” internet, dengan ketentuan minimal 1Mbps untuk 1 perangkat DVR. Sedangkan disisi perangkat PC/Laptop adalah nilai “Download”.
      Catatan tambahan : Jumlah user yang mengunakan internet juga akan mempengaruhi nilai Download serta Upload dikedua belah pihak.

    1. Halo bapak Bintaro, sebagaimana judul diatas CMS3.0 merupakan aplikasi yang di peruntukan bagi pengguna Personal Computer (PC) atau Laptop. Jika ingin menggunakan aplikasi baik di Android/iPhone disesuaikan dengan perangkat DVR/NVR yang digunakan, misal AVSEYE.

  6. Maaf gan,kok ga ada keterangan untuk configurasi setting pada device manager,karena di device meneger itu yg terpenting agar bisa online.mohon pencerahannya gan..πŸ™πŸ™πŸ™.

    1. Halo bapak Luckman. Terima kasih sudah diingatkan kembali untuk membahas perihal konfigurasi pada Device Manager. Sesuai dengan judul, artikel ini hanya membahas sebatas instalasi. Untuk konfiguarsi pada Device Manager sendiri mengikuti perangkat/device dan metode yang akan digunakan, karena cukup banyak, beragam, serta menyesuaikan dengan konsisi dilokasi (baik menggunakan internat atau tanpa internet); umumnya dibahas secara terpisah baik melalui komentar, email dan lain-lain. Bisa di bantu merek dan model CCTV yang di gunakan bapak Luckman?

  7. Bisakah kita menggabungkan monitoring CMS 3.0 disatu PC. DVR berada di tiga kota yang berbeda kita monitoring dari kota yang lain lagi menjadi 1 tampilan

    1. Halo bapak Weldi. Bisa pak, fungsi dari CMS itu sendiri memanagemen beberapa perangkat CCTV hingga 64 kamera dalam 1 tampilan. Jika tiap-tiap kota menggunaka 1 perangkat dan paling sedikit 4 kamera, maka CMS akan menampilkan 12 kamera dalam 1 layar.

  8. saya sudah download aplikasi CMS 3.0 , untuk connecting ya bisa bantu ? saya pakai PC dengan lokasi yang beda dengan cctv.

    1. Halo bapak Ricky, bisa di bantu merek dan model CCTV yang di gunakan?
      *informasi model bisa didapat dari label pada bagian bawah perangkat atau label pada samping kemasan (kardus)

  9. pak saya pakai babycam dan pakai aplikasi cms, sudah berjalan dengan lancar. yang ingin saya tanyakan apakah camera baby cam tetap bisa merekam video dan tersimpan dimemory walaupun aplikasi sedang tidak dinyalakan?

    1. Halo pabapk/ibu Tiwi. Baby cam akan tetap merekam video dan menyimpan kedalam memori yang ada pada perangkat meskipun aplikasi dalam kondisi menyala. Aplikasi hanya membatu menjembatani saat kita ingin melihat kondisi secara live ketika kita tidak ada di lokasi.
      Semoga jawabannya dapat membantu, terima kasih.

  10. Apakah aplikasi CMS ini hrs terkoneksi internet dlm penggunaannya? Bisakah tanpa internet saat digunakan, layaknya TV yg jd monitor cctv yg bs tanpa internet?
    Trims.

    1. Halo bapak Herbert. Aplikasi CMS3.0 menggunakan koneksi internet untuk memantau dari jarak jauh sebagai jembatan media streaming. Namun jika untuk jarak dekat atau lokasi yang sama (satu area) bisa tanpa menggunakan internet, dengan bantuan Router sebagai penyedia IP otomatis Local Area Network (LAN/WLAN) atau hanya kabel UTP-RJ45 saja (manual).

  11. DVR saya SPC AHD, server Cloud ID P2P nya sudah mati. gimana cara untuk memantau secara online ya? kalau pakai DDNS katanya bayar bulanan ke penyedia layanan DDNS :’)

    BTW, aplikasi ini support semua jenis dvr kah?

    1. Halo bapak Arifin. Untuk Cloud ID P2P yang sudah mati atau tidak tervalidasi bisa di validasi ulang ke masing-masing brand/merek penyedia perangkat agar bisa online kembali. Atau bisa juga dengan mambayar jasa untuk validasi ulang dengan biaya tertentu (rata-rata kisaran 300K) ke teknisi terkait agar bisa online kembali. Jika ingin memnggunakan DDNS (pindah dari ID P2P) juga bisa, dengan pembayaran bulanan sesuai dengan penyedia layanan DDNS. Setelahnya pengaturan pada aplikasi pemantau (android/iOS atau laptop/PC) perlu diubah mengikuti pengaturan DDNS dari penyedia layanan yang di gunakan. Untuk penjelasan secara detail nanti akan saya coba kirim ke alamat email yang bapak Arifin tinggalkan.

      Tidak semua jenis DVR dengan Cloud P2P bisa, aplikasi pada artikel ini support untuk DVR dengan Model Frame TS (AVSEYE, XVR Pro, L-View, R-View, dan sejenisnya), Model Frame DH (Dahua dengan config dll tertentu), Model Frame HIK (Hikvision, iVMS, Telview, dan sejenisnya dengan config dll tertentu), dan Model Frame XM (XMEYE, dan sejenisnya dengan config dll tertentu). Selain DVR tipe Cloud P2P, alternatif tambahannya menggunakan IP (misal local area network) dan Domain (sejenis dengan DDNS).

  12. Mister, saya mau tanya saya sudah gunakan cms3 di laptop, saya coba download playbacknya di download list terdonwload untuk lihat filenya di local laptop saya ada di mana yah pak ?

    1. Halo bapak Trisno. Untuk playback CMS 3.0 secara defaul (bawaan/sebelum diubah) berada di folder
      “C:/Program Files (x86)/CMS3.0/User/Admin/BackRecord”
      (tanpa tanda kutip untuk pengguna Windows 64) atau
      “C:/Program Files (x86)/CMS3.0/User/Admin/BackRecord”
      (tanpa tanda kutip untuk pengguna Windows 32/86).
      Terima kasih, semoga dapat membantu.

  13. Mister apakah aplikasi ini bisa di pakai untuk beberapa dvr dengan berbeda merk, saya punya 3 dvr semuanya berbeda merk, dahua, hikvision, dan wisanet?

    1. Halo bapak Sabta. Dulu, ada konsumen yang melakukan hal yang serupa dan bisa. Dimana 1 tempat terdapat 2 perangkat yang berbeda brand/merek, dan jika tidak salah satunya merupakan merek yang disebut. Sayangnya saya tidak membuat dokumentasi konfigurasi pada saat itu, jadi saya lupa detailnya.
      Terima kasih, semoga dapat membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *