DVR CCTV Tidak Online, Kenapa?

Dalam sepekan setidaknya 1-2 kali Mister Andre mendapatkan pertanyaan serupa “CCTV saya tidak bisa online”, itu kira-kira kenapa? Apa penyebabnya? Padahal CCTV nya sudah dikoneksikan ke jaringan internet menggunakan kabel UTP (RJ45/LAN), Nirkabel (Wirelesss/WLAN), bahkan USB Modem GSM atau Home Router GSM. Yuk mari kupas..

Permasalahan utama yang sering terjadi disini adalah kebanyakan orang tidak betul-betul mengetahui perangkat/jaringan internet yang mereka gunakan (hanya pakai) atau bahkan tidak betul-betul mengenal perangkat CCTV yang anda gunakan dan hal inilah yang membuat kebanyakan orang bingung untuk mengkoneksikan DVR CCTV ke perangkat Smartphone atau aplikasi CCTV pada Laptop dan PC (komputer).

Koneksi Ke Jaringan Internet

Ada beberapa cara untuk bisa mengkoneksikan perangkat CCTV anda, kita mulai dengan kabel UTP. Kabel UTP (Unshilded Twisted Pairs) merupakan kabel jenis RJ45 atau sering disebut juga kabel LAN, memiliki delapan kabel internel dengan warna yang berbeda dalam kabel utama dan umumnya menggunakan pemasangan/penyusunan kabel tipe Straight. Yang perlu anda pastikan jika CCTV tidak online yaitu ke delapan kabel tersebut harus seluruhnya terkoneksi dengan konektor RJ45 (jika merakit sendiri).

Masih seputar koneksi menggunakan kabel UTP (kabel RJ45/kabel LAN). Untuk koneksi DVR CCTV ke router (sumber internet), secara pabrikasi router semua port LAN dengan merek dan tipe umumnya dapat digunakan atau menyesuaikan dengan pengaturan yang anda buat saat membangun jaringan. Namun untuk router dari  penyedia layanan internet di Indonesia ternyata memiliki aturan main tersendiri. Indihome dengan router model ZTE F609, yang memiliki jaringan internet hanya port nomor 3. Indihome dengan model Huawei HGXXXX, port nomor 2 dan 3 yang memiliki jaringan internet. Dan dari kedua router model tersebut port nomor 4 dikhususkan untuk TV Kabel (UseeTV) dari penyedia layanan, sedangkan untuk nomor port LAN koneksi selain angka tersebut ada yang bisa dibuka dan tidak. Untuk lebih jelasnya ketika pertama kali  anda memasang internet bisa bertanya spesifikasi router, password router, atau fungsi-fungsi khusus router anda ke teknisi. Untuk masing masing port LAN mana yang digunakan untuk internet, jaringan lokal atau tv kabel. Jangan salah mengkoneksikan, ini bisa menjadi penyebab CCTV anda tidak online.

Berikutnya koneski menggunakan Nirkabel (Wirelesss/WLAN/WiFi). Pastikan anda mengetahui SSID dan password WiFi yang anda gunakan. Jika terjadi perubahan baik pada penamaan SSID, password WiFi maupun keduanya (SSID dan password). Anda perlu melakukan pairing (mencocokan) ulang SSID dan atau password WiFi yang baru ke perangakat CCTV anda. Jangan sampai ini menjadi penyebab perangkat CCTV anda tidak bisa online kembali.

Berbeda dengan Wifi yang bisa diakses oleh umum (misal WiFi ID), dengan menggunakan WiFi ID pengguna memang digratiskan untuk browsing tetapi adanya insertion advertising (pop up) atau “pendaftaran ulang” selama 5 s/d 20 detik pada browser. Adanya pemutusan akses internet setiap 20 menit, sehingga jika pelanggan masih menghendaki koneksi maka harus mengkonfirmasi ulang pada browsing kembali menggunakan SSID free@wifi.id. Jadi Wifi ID hanya bisa digunakan untuk perangkat smartphone anda, dan tidak bisa digunakan untuk DVR.

Berikutnya koneksi menggunakan USB Modem GSM. Beberapa DVR CCTV menyediakan port usb yang mendukung untuk penggunaan modem GSM sebagai koneksi jaringan internet. Untuk hal ini sangat sederhana untuk diaplikasikan pada DVR anda cukup menghubungkan modem ke usb DVR dan masuk ke sistem jaringan DVR anda untuk mengaktifkan sistem ip otomatis atau DHCP.

Aturan Provider (Penyedia Layanan Internet)

Banyak provider mengkhususkan router mereka sebagai jaringan internet beberapa penyedia jaringan internet yang besar untuk rumah kantor dan perusahaan diantaranya Indihome, Biznet, Firstmedia dan masih banyak lagi.

Untuk pengaturan cctv bisa langsung menggunakan jalur internet namun beberapa juga tidak langsung bisa digunakan maka Perlu diperhatikan settingan khusus untuk router masing – masing provider seperti:

Indihome

Indihome merupakan produk yang paling banyak dipakai beberapa tipe router terbuka portnya dan tertutup. Indihome yang mempunyai beberapa kriteria port yang dikhususkan untuk internet atau jalur yang bisa dipakai untuk CCTV, pengaturan port pada router mengikuti port yang digunakan pada dvr yaitu port 8000, 8080, 8181, 34567.

Memastikan port akses internet anda pada router provider terbuka.bukalah website yougetsignal.com pilihlah test port, masukkan port yang akan dibuka. Jika terbuka akan ada pemberitahuan open port atau port terbuka.

Firstmedia

Bagi pelanggan Firstmedia port no 1 sampai 3 seluruhnya bisa dipergunakan, jika perangkat hanya memiliki satu port router anda memerlukan tambahan HUB/Switch HUB untuk memperbanyak slot jaringan. Sedangkan untuk Port Akses untuk DVR, mayoritas terbuka semua.

Biznet

Untuk provider Biznet anda diharuskan menelepon costumer service agar diinfo ip publik anda terlebih dahulu. Hal ini dilakukan biasanya karena Alamat ip tidak disalah gunakan orang lain, seperti untuk menyebarkan virus, malware dan pencurian data penting lain.

Anda bisa meminta ke technical support biznet agar segera bisa diinfokan ip publik anda dengan menghubungi Biznet Premiere Care melalui telpon di (021) – 57998850 atau melalui e-mail premiere_care@biznetnetworks.com dengan menyebutkan ID pelanggan yang kemudian IP publikakan di informasikan oleh Premiere Care Kami melalui telpon atau e-mail. Kemudian informasikan kebutuhan anda untuk menggunakan DVR, agar port akses yang berkaitan dengan DVR dapat diakses dari luar jaringan provider.

Kesimpulan

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kenapa CCTV tidak bisa online, mulai dari kabel UTP (RJ45/LAN), pemasangan kabel UTP menuju HUB atau port LAN pada Router, pengaturan nirkabel (Wireless/WLAN/WiFi), pengaturan DHCP atau Static IP pada DVR, sampai akses port pada povider yang anda gunakan. Sebenarnya yang perlu anda perhatikan adalah pengaturan DHCP/Static IP pada DVR, provider mana yang anda gunakan, router apa yang disediakan, dan perlu atau tidaknya untuk membuka port akses dari provider tempat anda berlangganan. Tetapi jika anda membangun jaringan internet secara mandiri, tentunya anda akan lebih mengetahui alur dan penerapan yang diperlukan oleh sebuah DVR.

Hal lain yang perlu diperhatikan

Memutuskan penggunaan jaringan internet dengan menggunakan kabel. Nirkabel atau modem merupakan bagian dari proses. Setiap pilihan mempunyai kemudahan dan keunggulan yang bisa diaplikasikan ke DVR anda.

Pengaturan DVR

Hal yang sangat mudah kita jangkau sering kita lewatkan ketika sedang mensetting hal-hal yang sulit mengatur username dan password anda.

Pengaturan Internet pada DVR

Cek pengaturan Jaringan pada system koneksi dvr anda, apakah DHCP atau static IP. Jika anda hanya menggunakan 1 router, silahkan gunakan DHCP agar DVR menyesuaikan dengan jaringan internet anda. Namun dalam kasus tertentu, seperti menggunakan 2 router dengan kelas IP yang berbeda dalam 1 jaringan (untuk perpanjang jangkauan Nirkabel/Wireless/WLAN/WiFi), anda perlu untuk mempertimbangkan menggunakan 1 IP statis dan menanamnya pada DVR anda mengikuti router sumber internet. Jangan lupa juga untuk melihat lampu indikator jaringan anda apakah menyala secara normal bila tidak kemungkinan konektor rj45 anda longgar.

Kecepatan Internet

“Internet saya kencang, buat youtube dan download stabil”, ini bukan parameter mengetahui kecepatan internet yang diperlukan oleh sebuah perangkat DVR. Karena kebutuhan internet pada DVR berbeda dengan perangkat yang biasa kita gunakan, bukan akses menerima (Download) melainkan akses pengiriman (Upload) yang lebih diutamakan untuk sebuat perangkat DRV CCTV.

Sinyal Internet

Untuk lokasi diluar jangkauan kabel atau Fiber Optik penyedia layanan internet, anda masih dapat menggunakan USB Modem GSM, Home Router GSM atau jaringan Access Poin To Poin. Pastikan untuk kedua layanan ini memiliki koneksi internet yang bagus dan tidak ada halangan atau gangguan yang dapat mengurangi kualitas sinyal Internet.

  • Mengecek jaringan provider apakah terjadi masalah
  • Ketahanan perangkat terhadap cuaca mendung dan hujan
  • Penempatan perangkat dan posisi yang optimal

Kuota Internet

Hal sederhana yang sering terabaikan terutama pengguna Home Router GSM dan atau USB Modem GSM adalah kuota. Secara prinsip, semakin sering anda memantau secara jarak jauh, hal yang perlu diperhatikan adalah semakin cepat juga anda kehilangan kuota. Sama seperti anda melakukan streaming Youtube, setidak perlu kuota 1GB/hari untuk aktifitas normal.

0 thoughts on “DVR CCTV Tidak Online, Kenapa?

  • Kejadian yang sama disaat keluar dari tempat dvr itu tidak bisa dipantau padahal sebelumnya bisa, masalah ini karna sebelumnya saya uninstal. Kenapa ya? Tipe dvr hikvision turbo hd 7200 series

    • Baik. Jika sebelumnya penah di-uninstal, apakah diaplikasi yang baru/berikutnya setelah diinstal “login” menggunakan akun yang sama? Sebab untuk DVR Hikvision sendiri memiliki ketentuan, 1 DVR hanya boleh dikaitkan ke 1 akun. Jika tidak “login” menggunakan akan yang sama, mungkin anda berada pada “lokal area view”. Dimana jika memiliki jaringan sama bisa memantau, dan tidak dapat memantau kembali disaat keluat dari radius jaringan.

  • saya pasang cctv dg dvr merk calion. ketika dipantau dg wifi dirumah saya bisa, tapi ketika dipantau dg wifi di tempat lain dan dg paket data smartphone, tidak bisa. wifi internet sy indihome. apa yg harus dilakukan?

    • Baik ibu Diyah, boleh informasikan kepada kami merek dan type Router IndiHome yang digukanan? Ini akan berkaitan dangan Port LAN yang digunakan (paragaraf ke 4) dan atau berhubungan dengan Port DVR (Aturan Provider poin Indihome).

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>